Senin, 08 Juni 2009

BUAH RAMBUTAN

Buah yang berambut dan berwarna merah ini memiliki daging yang putih dan rasanya manis. Ada beberapa jenis rambutan, khususnya rambutan yang ada di Indonesia di antaranya:
1. Rambutan lebak bulus
2. Rambutan Antalagi, dan
3. Rambutan Sibongkok

1. Rambutan lebak bulus
Rambutan lebak bulus beratnya mencapai 25,5 gram/buah ini, berasal dari pasar minggu- jakarta. Dengan ciri: buahnya bulat dengan rambut panjang, jorong dan halus, berwarna merah. Daging buah rambutan ini manis serta berair, ngelotak, dengan kulit biji melekat. Bijinya lonjong dengan berat 2 gram.

2. Rambutan Antalagi
Sungai Andai- Kalimantan Selatan merupakan asal dari rambutan Antalagi. Dengan ciri: buahnya bulat memiliki pelat, dengan rambut sangat pendek, agak jorong dan kasar, daging putih, ngelotok, biji bush melekat dengan rasa manis kering agak harum.

3. Rambutan sibongkok
Buah yang aslnya dari sungai lulut- Kalimantan Selatan ini beratnya 50,67 gram/buah. Dengan ciri: bentuk buah lonjong berwarna merah tua kecokelatan, dengan rambut agak halus dan berwarna merah tua, daging buahnya yang manis agak kering ini, berwarna putih, ngelotok, dan kulit bijinya agak melekat. Bijinya bulat panjang dengan ujung agak bengkok.

Selain diminati oleh banyak orang, buah rambutan ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Hampir seluruh bagian dari rambutan bisa di gunakan, selain di manaatkan dagingnya untuk di makan, biji dan kulitnyapun bisa di manatkan. Biji rambutan mengandung lemak dan polifenol, kulit buahnya mengandung tanin dan saponin. Kulit rambutan bisa di gunakan untuk obat diare dan disentri, adapun langkahnya sebagai berikut:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar